RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD PGRI 01 Semarang
Kelas/Semester : 3/II
Tema 7 : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 1/Pembelajaran : Sumber Energi/ 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.1 Menggali informasi dari
teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi,
perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan mengolah isi
teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber
energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa
bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
Matematika
3.14 Menentukan perbandingan data
menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran
4.11 Mengumpulkan, mencatat,
menata, menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang
SBdP
3.1 Mengenal karya seni gaya
dekoratif
4.3 Menghias benda gaya
dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar
C. Indikator
Bahasa
Indonesia
3.1.1 Mengidentifikasii teks
laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau
tulis dengan tepat
3.1.2 Menguraikan gagasan
pokok teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis
dengan tepat
4.1.1 Menceritakan kembali isi
teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau
tulis dengan tepat
4.1.2 Menyusun gagasan berupa
teks laporan informatif tentang sumber energi secara tertulis dengan tepat
Matematika
3.14.1 Membandingkan data
berupa grafik batang yang diamatinya
4.11.1 Membuat grafik batang
berdasarkan data yang sudah diperoleh
SBdP
3.1.1 Mengidentifikasi karya
seni gaya dekoratif
3.1.2 Mengidentiifikasi alat
dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif
4.3.1 Membuat karya dekoratif
dengan menggunakan benda-benda 3 dimensi yang ada di lingkungan sekitar
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan menyimak teks laporan yang disampaikan oleh
guru, siswa dapatmengidentifikasi teks laporan informatif tentang sumber energi
dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan mempelajari teks laporan tentang sumber energi
siswa dapat menjelaskankembali isi
teks laporan tentang sumber energi
dengan tepat dan percaya diri.
3. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa dapat
menguraikan isi teks laporan informatif tentang sumber energi dengan tepat.
4. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyusun teks
laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat dan
penuh tanggung jawab.Dengan mengamati gambar siswa dapat mengidentifikasi karya
seni dekoratif yang menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar, dengan tepat.
5. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan
guru, siswa dapat merancang karya seni dekoratif dengan menggunakan benda-benda
tiga dimensi yang ada di sekitar.
6. Setelah merancang, siswa dapat membuat karya seni
dekoratif dengan menggunakan benda-benda tiga dimensi yang ada di sekitar.
7.
Dengan pengamatan gambar, siswa dapat mengidentifikasi
grafik batang dengan tepat.
8. Dengan
menyimak penjelasan guru, siswa dapat membaca grafik batang dengan tepat.
E. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Menyimak cerita
tentang Sumber Energi
2.
Melakukan percobaan
serta diskusi tentang sumber energi.
3.
Membuat gambar dekoratif
dengan memanfaatkan sumber energi berupa biji-bijian
4.
Membaca data grafik
batang tentang sumber energi
F. Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Demonstrasi, Tanya Jawab, Diskusi dan
Ceramah
Model : Discovery Learning
G. Kegiatan
Pembelajaran
I. Kegiatan Pendahuluan ( 15 Menit)
- Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
- Guru dan siswa memulai pembelajaran dengan berdoa bersama dipmpin ketua kelas.
- Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
- Guru dan siswa bertanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menginformasikan tentang pembelajaran yang akan pelajari yaitu tentang “Sumber Energi”.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
- Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
II. Kegiatan Inti ( 150 Menit )
- Guru menunjukkan gambar beberapa jenis sumber energi, siswa mengamati gambar tersebut
- Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
- Kemudian siswa menyimak cerita guru tentang sumber energi seperti diceritakan di buku teks.
- Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
- Guru juga menjelaskan bahwa matahari merupakan sumber energi terbesar.
- Untuk membuktikan bahwa matahari merupakan salah satu sumber energi, guru meminta siswa melakukan percobaan tentang Matahari adalahSumber Energi yang terdapat pada buku teks halaman 3 :
Matahari adalah Sumber Energi
Tujuan:
Mengetahui bahwa cahaya adalah energi
Alat dan
bahan:
- Kaca pembesar
- Kapas/kertas tisu
Cara kerja
- Bawalah peralatan yang sudah disiapkan ke luar kelas.
- Letakkanlah kapas/kertas tisu di bawah sinar matahari
- Letakkan kaca pembesar dengan posisi di atas kapas atau tisu.
- Arahkan Cahaya matahari yang diterima kaca pembesar ke kapas/tisu
- Pusatkan cahaya tersebut pada satu titik.
- Diammkan di posisi tersebut dan amati apa yang terjadi. sampai kamu melihat kapas atau tisu terbaka
8. Sambil mendengarkan
laporan dari masing-masing kelompok, guru melakukan konfirmasi terhadap
kesimpulan-kesimpulan yang disampaikan.
9.
Guru melakukan diskusi
hasil percobaan dan melakukan tanya jawab dengan siswa.
10. Disela-sela diskusi dan penjelasan, guru selalu member kesempatan kepada
siswa untuk bertanya.
11. Guru melanjutkan pembahasan tentang pemanfaatan energi matahari.
12. Guru menjelaskan bahwa matahari selain memiliki energi cahaya juga
menghasilkan energi panas.
13. Bagaimana panas disebut sebagai energi maka guru kembali meminta siswa
melakukan percobaan “Panas
adalah Energi” seperti tercantum pada buku teks halaman 6.
14. Guru melakukan tanya jawab seputar hasil percobaan yang dilakukan.
15. Guru melengkapi penjelasan tentang bagaimana pemanfaatan energi panas dalam
kehidupan seharihari.
16. Siswa dibentuk menjadi kelompok-kelompok.
17. Siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan materi yang
sedang dibahas.
18. Guru mengamati proses diskusi, sambil melakukan penilaian sikap.
19. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya di depan
kelas.
20. Siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian.
21. Setelah menyampaikan hasil diskusi siswa membuat kesimpulan dengan
pengarahan guru tentang hasil diskusi.
22. Siswa menyimak penjelasan guru bahwa salah satu sumber energi adalah
tumbuh-tumbuhan. Di antara tumbuh-tumbuhan ada yang menghasilkan biji-bijian.
23. Selain sumber makanan biji-bijian juga dapat digunakan untuk membuat karya
dekoratif.
24. Guru menjelaskan sekilas tentang apa itu karya dekoratif dan menunjukkan
contoh yang ada di buku teks. Guru juga bisa menyiapkan contoh karya yang sudah
dibuat sebelumnya.
25. Siswa menyimak penjelasan cara membuat karya dekoratif dari biji-bijian.
26. Kemudian siswa membuat karya dekoratif dengan media biji-bijian, dengan
tema “Matahari Sumber Energi”.
27. Setelah selesai siswa diminta merapikan bekasbekas pekerjaannya.
28. Hasil karya yang sudah dibuat dipajang di kelas.
29. Setelah memajang hasil karyanya, siswa kembali ke tempat duduk dan mendengar
penjelasan guru tentang rencana kegiatan selanjutnya.
30. Siswa memperhatikan data yang ditampilkan dalam bentuk diagram batang, yang
sudah disiapkan guru sebelumnya.
31. Guru memberi kesempatan siswa untuk menyampaikan apa yang ingin mereka
ketahui dari diagram batang tersebut. Guru menstimulasi siswa dengan
menyampaikan bahwa ada beberapa kata tanya yang harus siswa perhatikan ketika
akan bertanya yaitu: apa, mengapa, bagaimana, siapa, kapan, dan di/ke mana?
Jika siswa sulit mengajukan pertanyaan guru memberi arahan sehingga
pertanyaan-pertanyaan yang diharapkan bisa muncul.
32. Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh siswa, dengan
tujuan untuk menjelaskan tentang diagram batang dan manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari serta bagaimana cara membaca data pada diagram batang.
33. Setelah menyimak penjelasan guru, siswa menjawab soal yang berkaitan dengan
cara membaca grafik batang.
III. Kegiatan Penutup ( 15 Menit)
1. Guru bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Siswa mengerjakan evaluasi
3. Guru melakukan penilaian hasil belajar
4. Melakukan refleksi pembelajaran yang telah
dilakukan
5. Menyampaikan pesan moral belajar
6. Guru memberikan tindak lanjut berupa PR pada buku
siswa
7. Guru dan siswa menutup pembelajaran dengan berdoa
bersama dipimpin ketua kelas
H. Sumber
dan Media
1.
Buku Guru dan Buku siswa tema 7 “ Energi dan
Perubahanya”
2.
Gambar macam-macam sumber energi (matahari, air, tanah,
dan udara atau angin)
3.
Gambar manfaat cahaya matahari
4.
Gambat pemanfaaatan energi panas
5.
Gambar grafik batang
6.
Gambar contoh hasil karya seni hias dari benda-benda
tiga dimensi (seperti bijibijian, gulungan kertas).
7.
Biji-bijian.
8.
Lem yang kuat daya lekatnya.
I. Penilaian:
1. Aspek yang
dinilai;
a. Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian
Ketrampilan
2.
Jenis penilaian;
a.
observasi
b.
tertulis,lisan
c
. praktek,projek
3.
Instrumen Penilaian
4.
Rubrik dan Penskoran Nilai;
1. Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||||
5
|
Ket :
K = Kurang C = Cukup B =Baik SB
= Sangat Baik
2. Penilaian Penilaian Pengetahuan
- Tes lisan
tentang karakteristik teks laporan.
- Latihan
soal tentang membaca data grafik batang.
- Tes lisan
tentang karakteristik karya dekoratif
3. Penilaian Keterampilan
Keterampilan
|
Rubrik Kriteria
|
|||
Skor 4
Sangat Baik
|
Skor 3
Baik
|
Skor 2
Cukup
|
Skor 1
Kurang
|
|
1. Menceritakan kembali isi
teks laporan informatif
tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan tepat
|
Sesuai dengan ide pokok teks, alur
penyampaiannya
runut, menggunakan
intonasi yang benar, lancar dalam
penyampaian
|
Hanya
memenuhi
3 kriteria
|
Hanya
memenuhi
2 kriteria
|
Hanya
memenuhi
1 kriteria
|
2. Menyusun gagasan
berupa teks laporan
informatif tentang
sumber energi secara
tertulis
|
Sesuai dengan
topik, struktur
kalimatnya benar, alur teks runut,
penggunaan tanda baca dan ejaan sesuai EYD
|
Hanya
memenuhi
3 kriteria
|
Hanya
memenuhi
2 kriteria
|
Hanya
memenuhi
1 kriteria
|
3. Membuat grafik batang
berdasarkan data yang sudah diperoleh
|
Grafik sesuai
dengan data,
gambar batang
grafik menunjuk
pada angka yang
tepat, bentuk dan jarak antar batang konsisten, rapi dan proporsional
|
Hanya
memenuhi
3 kriteria
|
Hanya
memenuhi
2 kriteria
|
Hanya
memenuhi
1 kriteria
|
4. Membuat karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda
3 dimensi yang
ada di sekitar
|
Sesuai dengan tema, menggunakan
minimal 3
kombinasi garis,
menggunakan
minimal 3
kombinasi bentuk,
menggunakan
minimal 5
kombinasi warna
|
Hanya
memenuhi
3 kriteria
|
Hanya
memenuhi
2 kriteria
|
Hanya
memenuhi
1 kriteria
|
Semarang, 17 Juni 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas III
Arfilia Wijayanti, S.Pd., M.Pd Rr. Cinde Puspitosari
NPP. NPM.
14120126
Sports Betting - Mapyro
BalasHapusBet the moneyline from 바카라 사이트 1:25 PM 출장마사지 to 11:00 ford escape titanium PM. See more. MapYO Sportsbook features live odds, live streaming, gri-go.com and detailed information.