Sabtu, 25 Juni 2016

RPP Kurikulum 2013 Tema 7 "Energi dan Perubahannya" Sub Tema 1 "Sumber Energi" Pembelajaran 1 Kelas 3 Semester 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD PGRI 01 Semarang
Kelas/Semester                     : 3/II
Tema 7                                  : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 1/Pembelajaran     : Sumber Energi/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari



A. Kompetensi Inti :
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia. 

B. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

  Matematika
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang

SBdP
3.1 Mengenal karya seni gaya dekoratif
4.3 Menghias benda gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar



C. Indikator
Bahasa Indonesia
3.1.1 Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat
3.1.2 Menguraikan gagasan pokok teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1.1 Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1.2 Menyusun gagasan berupa teks laporan informatif tentang sumber energi secara tertulis dengan tepat

Matematika
3.14.1 Membandingkan data berupa grafik batang yang diamatinya
4.11.1 Membuat grafik batang berdasarkan data yang sudah diperoleh

SBdP
3.1.1 Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif
3.1.2 Mengidentiifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif
4.3.1 Membuat karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda 3 dimensi yang ada di lingkungan sekitar



D. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menyimak teks laporan yang disampaikan oleh guru, siswa dapatmengidentifikasi teks laporan informatif tentang sumber energi dengan tepat dan percaya diri.
2.  Dengan mempelajari teks laporan tentang sumber energi siswa  dapat menjelaskankembali isi teks  laporan tentang sumber energi dengan tepat dan percaya diri.
3. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa dapat menguraikan isi teks laporan informatif tentang sumber energi dengan tepat.
4.  Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyusun teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat dan penuh tanggung jawab.Dengan mengamati gambar siswa dapat mengidentifikasi karya seni dekoratif yang menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar, dengan tepat.
5. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat merancang karya seni dekoratif dengan menggunakan benda-benda tiga dimensi yang ada di sekitar.
6.  Setelah merancang, siswa dapat membuat karya seni dekoratif dengan menggunakan benda-benda tiga dimensi yang ada di sekitar.
7.    Dengan pengamatan gambar, siswa dapat mengidentifikasi grafik batang dengan tepat.
8.    Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat membaca grafik batang dengan tepat.

E.   Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.    Menyimak cerita tentang   Sumber Energi
2.    Melakukan percobaan serta diskusi tentang sumber energi.
3.    Membuat gambar dekoratif dengan memanfaatkan sumber energi berupa biji-bijian
4.    Membaca data grafik batang tentang sumber energi

F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan             : Scientific
Strategi                   : Cooperative Learning
Teknik                    : Example Non Example
Metode                   : Penugasan, Demonstrasi, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Model                     : Discovery Learning

G. Kegiatan Pembelajaran
I.  Kegiatan Pendahuluan ( 15 Menit)
  1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
  2. Guru dan siswa memulai pembelajaran dengan berdoa bersama dipmpin ketua kelas.
  3. Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
  4. Guru dan siswa bertanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
  5. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  6. Guru menginformasikan tentang pembelajaran yang akan pelajari yaitu tentang “Sumber Energi”.
  7. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.                            
  8. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
II.  Kegiatan Inti ( 150 Menit )
  1. Guru menunjukkan gambar beberapa jenis sumber energi, siswa mengamati gambar tersebut 
  2. Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang    berhubungan dengan gambar yang diamati.
  3. Kemudian siswa menyimak cerita guru tentang sumber energi seperti diceritakan di buku teks.
  4. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
  5. Guru juga menjelaskan bahwa matahari merupakan sumber energi terbesar.
  6. Untuk membuktikan bahwa matahari merupakan salah satu sumber energi, guru meminta siswa melakukan percobaan tentang Matahari adalahSumber Energi yang terdapat pada buku teks halaman 3   :
           Matahari adalah Sumber Energi
            Tujuan: Mengetahui bahwa cahaya adalah energi
Alat dan bahan:
  • Kaca pembesar
  • Kapas/kertas tisu 
Cara kerja
  • Bawalah peralatan yang sudah disiapkan ke luar kelas. 
  • Letakkanlah kapas/kertas tisu di bawah sinar matahari
  • Letakkan kaca pembesar dengan posisi di atas kapas atau tisu.
  • Arahkan Cahaya matahari yang diterima kaca pembesar ke kapas/tisu
  • Pusatkan cahaya tersebut pada satu titik.
  • Diammkan di posisi tersebut dan amati apa yang terjadi. sampai kamu melihat kapas atau tisu terbaka 
7.  Setelah melakukan percobaan siswa diminta menyampaikan hasilnya di depan kelas.

      8.   Sambil mendengarkan laporan dari masing-masing kelompok, guru melakukan konfirmasi terhadap         kesimpulan-kesimpulan yang disampaikan.
      9.    Guru melakukan diskusi hasil percobaan dan melakukan tanya jawab dengan siswa.
     10.  Disela-sela diskusi dan penjelasan, guru selalu member kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
     11.  Guru melanjutkan pembahasan tentang pemanfaatan energi matahari. 
     12.  Guru menjelaskan bahwa matahari selain memiliki energi cahaya juga menghasilkan energi panas.
   13.  Bagaimana panas disebut sebagai energi maka guru kembali meminta siswa melakukan percobaan  “Panas adalah Energi” seperti tercantum pada buku teks halaman 6.
    14.  Guru melakukan tanya jawab seputar hasil percobaan yang dilakukan.
    15.  Guru melengkapi penjelasan tentang bagaimana pemanfaatan energi panas dalam kehidupan seharihari.
    16.  Siswa dibentuk menjadi kelompok-kelompok.
    17.  Siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan materi yang sedang dibahas.
    18.  Guru mengamati proses diskusi, sambil melakukan penilaian sikap.
    19.  Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.
    20.  Siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian.
   21. Setelah menyampaikan hasil diskusi siswa membuat kesimpulan dengan pengarahan guru tentang hasil diskusi.
  22. Siswa menyimak penjelasan guru bahwa salah satu sumber energi adalah tumbuh-tumbuhan. Di antara tumbuh-tumbuhan ada yang menghasilkan biji-bijian.    
   23.  Selain sumber makanan biji-bijian juga dapat digunakan untuk membuat karya dekoratif.
   24.  Guru menjelaskan sekilas tentang apa itu karya dekoratif dan menunjukkan contoh yang ada di buku teks. Guru juga bisa menyiapkan contoh karya yang sudah dibuat sebelumnya.
   25.  Siswa menyimak penjelasan cara membuat karya dekoratif dari biji-bijian.
  26.  Kemudian siswa membuat karya dekoratif dengan media biji-bijian, dengan tema “Matahari Sumber Energi”.
   27.  Setelah selesai siswa diminta merapikan bekasbekas pekerjaannya.
   28.  Hasil karya yang sudah dibuat dipajang di kelas.
   29.  Setelah memajang hasil karyanya, siswa kembali ke tempat duduk dan mendengar penjelasan guru tentang rencana kegiatan selanjutnya.
  30. Siswa memperhatikan data yang ditampilkan dalam bentuk diagram batang, yang sudah disiapkan guru sebelumnya.
   31.  Guru memberi kesempatan siswa untuk menyampaikan apa yang ingin mereka ketahui dari diagram batang tersebut. Guru menstimulasi siswa dengan menyampaikan bahwa ada beberapa kata tanya yang harus siswa perhatikan ketika akan bertanya yaitu: apa, mengapa, bagaimana, siapa, kapan, dan di/ke mana? Jika siswa sulit mengajukan pertanyaan guru memberi arahan sehingga pertanyaan-pertanyaan yang diharapkan bisa muncul.
  32.  Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh siswa, dengan tujuan untuk menjelaskan tentang diagram batang dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari serta bagaimana cara membaca data pada diagram batang.
  33.  Setelah menyimak penjelasan guru, siswa menjawab soal yang berkaitan dengan cara membaca grafik batang. 

  III.  Kegiatan Penutup ( 15 Menit) 
       1. Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari. 
       2. Siswa mengerjakan evaluasi 
       3. Guru melakukan penilaian hasil belajar 
       4. Melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan
       5.  Menyampaikan pesan moral belajar
       6.  Guru memberikan tindak lanjut berupa PR pada buku siswa 
       7. Guru dan siswa menutup pembelajaran dengan berdoa bersama dipimpin ketua kelas

H. Sumber dan Media
1.    Buku Guru dan Buku siswa tema 7 “ Energi dan Perubahanya”
2.    Gambar macam-macam sumber energi (matahari, air, tanah, dan udara atau angin)
3.    Gambar manfaat cahaya matahari
4.    Gambat pemanfaaatan energi panas
5.    Gambar grafik batang
6.    Gambar contoh hasil karya seni hias dari benda-benda tiga dimensi (seperti bijibijian, gulungan kertas).
7.    Biji-bijian.
8.    Lem yang kuat daya lekatnya.

I. Penilaian:
1.     Aspek yang dinilai;
a. Penilaian Sikap
            b.Penilaian Pengetahuan
            c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;      
 a. observasi
             b. tertulis,lisan
             c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

1. Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1

















2

















3

















4

















5


















Ket :
K = Kurang               C = Cukup                 B =Baik          SB = Sangat Baik

2. Penilaian Penilaian Pengetahuan
- Tes lisan tentang karakteristik teks laporan.
- Latihan soal tentang membaca data grafik batang.
- Tes lisan tentang karakteristik karya dekoratif

3. Penilaian Keterampilan
Keterampilan
Rubrik Kriteria
Skor 4
Sangat Baik
Skor 3
Baik
Skor 2
Cukup
Skor 1
Kurang
1. Menceritakan kembali isi
teks laporan informatif
tentang sumber energy secara lisan atau tulis dengan tepat
Sesuai dengan ide pokok teks, alur
penyampaiannya
runut, menggunakan
intonasi yang benar, lancar dalam
penyampaian
Hanya
memenuhi
3 kriteria
Hanya
memenuhi
2 kriteria
Hanya
memenuhi
1 kriteria
2. Menyusun gagasan
berupa teks laporan
informatif tentang
sumber energi secara
tertulis
Sesuai dengan
topik, struktur
kalimatnya benar, alur teks runut,
penggunaan tanda baca dan ejaan sesuai EYD
Hanya
memenuhi
3 kriteria
Hanya
memenuhi
2 kriteria
Hanya
memenuhi
1 kriteria
3. Membuat grafik batang
berdasarkan data yang sudah diperoleh
Grafik sesuai
dengan data,
gambar batang
grafik menunjuk
pada angka yang
tepat, bentuk dan jarak antar batang konsisten, rapi dan proporsional
Hanya
memenuhi
3 kriteria
Hanya
memenuhi
2 kriteria


Hanya
memenuhi
1 kriteria
4. Membuat karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda
3 dimensi yang
ada di sekitar
Sesuai dengan tema, menggunakan
minimal 3
kombinasi garis,
menggunakan
minimal 3
kombinasi bentuk,
menggunakan
minimal 5
kombinasi warna
Hanya
memenuhi
3 kriteria
Hanya
memenuhi
2 kriteria
Hanya
memenuhi
1 kriteria


Semarang, 17 Juni 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                     Guru Kelas III



Arfilia Wijayanti, S.Pd., M.Pd                                             Rr. Cinde Puspitosari
NPP.                                                                                       NPM. 14120126

 





1 komentar:

  1. Sports Betting - Mapyro
    Bet the moneyline from 바카라 사이트 1:25 PM 출장마사지 to 11:00 ford escape titanium PM. See more. MapYO Sportsbook features live odds, live streaming, gri-go.com and detailed information.

    BalasHapus